Sabtu, 15 Juni 2013

Penyakit Gastritis


“Gastritis” berarti “peradangan lambung,” di masyarakat dikenal dengan istilah “maag”, dan peradangan lambung ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ketika perut menjadi meradang, itu berarti dikarenakan sesuatu telah terjadi yang mengiritasi lapisan lambung. Gastritis jarang menjadi cukup parah untuk menyebabkan pendarahan lambung, tapi itu bisa terjadi kadang-kadang jika lapisan perut telah ditembus.
Pada gastritis, seseorang akan menderita rasa sakit, peradangan dan kemerahan di perut.


Gastritis bisa ringan atau berat, sementara atau kronis. Cedera, penyakit, bakteri, atau virus dapat menyebabkan gastritis, sedangkan penyebab paling umum yang menyebabkan gastritis di seluruh dunia adalah bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Bakteri ini menyerang lapisan mukosa duodenum dan lambung dan dapat menyebabkan tukak lambung selain gastritis.




Gastritis dapat pula disebabkan oleh gangguan dari sistem kekebalan tubuh. Salah satu jenis gastritis yang lebih khusus dikenal sebagai gastritis erosif. Yang termasuk dari dalam gastritis erosif antara lain gastritis stres akut. Ini terjadi ketika cedera atau sakit mendadak yang menyebabkan kerusakan pada lapisan perut dan radang perut. Alasan mengapa luka yang tampaknya tidak berhubungan dapat menyebabkan gastritis erosif tidak jelas diketahui, tetapi teorinya menyatakan bahwa cedera dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke perut, hal ini yang menyebabkan lapisan perut menjadi lemah.


Terapi radiasi juga dapat menyebabkan gastritis, terutama jika menimpa sisi kiri bawah dada atau perut, dekat perut.

Beberapa pasien yang telah menjalani operasi perut, terutama untuk mengurangi bagian dari lambung untuk alasan penurunan berat badan juga dapat menyebabkan gastritis. Biasanya gastritis timbul di tempat jaringan yang telah dijahit saat operasi.

gxsx